Review Jujur Skintific Cushion Shade Petal: Paling Cocok Untuk Neutral Undertones!

Beauty enthusiast pasti paham bagaimana sulitnya memilih shade yang cocok. Apalagi shade untuk complexion yang akan sangat berpengaruh pada hasil akhir makeup. Shade Skintific Cushion Petal disebut-sebut paling cocok untuk kulit kuning langsat dengan neutral undertones.

Ditengah gempuran cushion dengan banyak shade berbeda, Skintific terbilang berani dengan hanya merilis beberapa shade saja. Bahkan saat pertama kali dirilis, cushion ini hanya memiliki 5 shades untuk tiga tipe undertones. Sebelum akhirnya belum lama ini Skintific merilis tambahan dua shades lain untuk undertones warm.

Sebelum memilih shade cushion, atau shade complexion makeup apapun, maka Anda harus mengetahui dulu jenis dan undertones kulit. Setelah itu akan bisa menentukan mana shade mana yang paling cocok dan tepat dengan warna kulit.

Tidak perlu bingung bila tidak tahu jenis dan undertones kulit. Di bawah ini cara mudah mengetahui undertones kulit paling tepat.

Cara Mengetahui Undertones Kulit

Apa Itu Undertones?

Walau berperan penting dalam menentukan shade dan juga berbagai warna makeup, namun masih banyak orang yang tidak tahu apa itu undertones. Sebaliknya, banyak yang justru salah mengira undertones adalah warna kulit.

Undertones adalah warna asli yang berada di bawah permukaan kulit. Berbeda dengan warna kulit, undertones hampir tidak bisa berubah dan tidak dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal yang mengubah warna kulit. Seperti salah satunya paparan sinar matahari.

Selain itu, undertones juga tidak dipengaruhi jumlah melanin di dalam kulit seperti warna kulit.

Perbedaan lain, bila warna kulit ditentukan dari tingkat kecerahan, seperti kulit putih, sedang, dan gelap. Maka undertones memperlihatkan tampilan kulit secara keseluruhan.

Jenis Undertones Kulit

Seperti dijelaskan di atas, undertones menampilkan warna kulit secara keseluruhan. Jenis undertones dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Warm atau Hangat: Nuansa kulit terlihat pucat
  2. Neutral atau Netral: Undertones ini terbilang paling unik karena tidak memiliki nuansa warna di bawah kulit. Tone warna kulit dengan undertone netral cenderung sama seperti warna kulit.
  3. Cool atau Dingin: Undertones ini biasanya memiliki rona warna dingin seperti merah atau biru di bawah kulit.

Cara Mengetahui Undertones Kulit

Setelah mengetahui jenis undertones, selanjutnya adalah bagaimana cara mengetahui undertones kulit.

Cara paling mudah adalah dengan melihat warna nadi. Seperti dijelaskan sebelumnya, undertones bukanlah warna yang terlihat di permukaan kulit. Melainkan warna di lapisan bawah kulit yang sifatnya permanen.

Sehingga, cara paling mudah untuk mengetahui warna di bawah lapisan kulit adalah dengan melihat warna nadi. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

  1. Undertone warm atau hangat: pembuluh darah atau nadi akan terlihat berwarna kehijauan.
  2. Undertone cool atau dingin: pembuluh darah berwarna biru.
  3. Undertone neutral atau netral: pembuluh darah nyaris tidak terlihat berwarna atau netral.

Selain cara di atas, kalian juga bisa mengetahui undertones kulit dengan mendekatkan kertas putih dengan wajah. Bila wajah terlihat kuning, maka kemungkinan terbesar kalian memiliki warm undertone atau undertone hangat. Sebaliknya bila wajah nampak berwarna merah muda, maka undertone kalian adalah cool atau dingin. Namun bila rona wajah terlihat tidak berubah, maka bisa dipastikan kalian memiliki underton neutral.

Skintific Cushion Shade Petal: Cocok Untuk Neutral Undertone

Disinggung di atas, Skintific memang tidak merilis banyak shade untuk cushion Cover All Perfect. Hanya ada tujuh shade yang dirilis, salah satunya shade 03 Petal.

Shade satu ini diklaim cocok untuk warm skin dengan neutral undertone. Ini berarti, warna tersebut akan terlihat paling pas digunakan untuk kalian dengan warna kulit sawo matang.

Namun penting diingat, bila dibandingkan dengan shade cushin Skintific lain, shade 03 Petal mengalami cukup banyak oksidasi. Sehingga warna cushion akan sedikit lebih gelap setelah beberapa jam digunakan.

Oksidasi, atau perubahan warna memang wajar terjadi di berbagai produk makeup. Bukan hanya di produk seperti cushion saja. Namun juga produk lain seperti foundation pun akan mengalami oksidasi setelah digunakan beberapa waktu.

Untuk mengatasi permasalahan oksidasi dan perubahan warna cushion menjadi lebih gelap ada beberapa cara. Salah satunya memilih cushion satu tingkat lebih cerah dibandingkan warna kulit.

Nah, jadi Anda tidak perlu khawatir bila merasa shade 03 Petal terlihat terlalu terang di kulit setelah beberapa waktu digunakan. Pasalnya nanti setelah digunakan selama beberapa jam, warna cushion akan menjadi sedikit lebih gelap. Hingga akhirnya terlihat menyatu di kulit.

Berdasarkan review oksidasi di atas, shade 03 Petal dari cushion Skintific memang paling cocok untuk warna kulit kuning langsat. Perhatikan juga apakah undertones Anda termasuk warm atau neutral undertones.

Bila Anda memiliki warna kulit kuning langsat namun dengan undertones warm, shade 03 Petal akan terlalyu terang. Ketika digunakan pun akan memberikan kesan warna abu-abu dan tidak bisa menyatu di kulit.

Untuk kulit kuning langsat warm undertones sebaiknya memilih shade 05 Sand. Shade ini bisa digunakan untuk deep skin dengan warm undertones.

Sebaliknya, bila kulit Anda berwarna kuning langsat dengan neutral undertones, maka shade 03 Petal dari Skintific Cover All Perfect akan menjadi pilihan terbaik.

Review Skintific Cover All Perfect Shade 03 Petal

Shade 03 Petal menjadi salah satu shade paling laris untuk cushion Skintific Cover All Perfect. Shade ini dianggap paling cocok dengan warna kulit mayoritas wanita di Indonesia, yaitu kuning langsat. Selain itu juga, shade 03 Petal memiliki warm undertones yang terlihat natural dan menyatu sempurna dengan warna kulit.

Tidak hanya keunggulan dari segi shade warna saja, Skintific cushion Cover All Perfect juga unggul dengan berbagai kelebihan lain. Cushion satu ini termasuk full dan high coverage. Sehingga bisa menutupi semua kekurangan di kulit wajah hanya dengan satu kali tap.

Meskipun termasuk dalam kategori full coverage, cushion ini cukup ringan digunakan. Beberapa review bahkan mengatakan cushion ini tidak terasa berat dan nyaman digunakan sehari-hari.

Keunggulan lain dari cushion ini adalah cara pemakaiannya yang mudah. Seperti disinggung di atas, cushion Skintific ini termasuk full coverage. Sehingga tidak perlu berkali-kali tap agar produk menempel dengan sempurna di kulit wajah. Cukup satu kali tap saja, cushion sudah akan cukup untuk mengcover separuh bagian wajah.

Namun diantara semua kelebihan tersebut, Skintific Cover All Perfect juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan yang paling merepotkan adalah produk cushion ini mengalami oksidasi. Terlebih untuk shade 03 Petal.

Shade 03 Petal memang disebut-sebut mengalami oksidasi paling parah. Apalagi bila digunakan tipe kulit berminyak dan beraktifitas di luar ruangan. Hanya dalam beberapa jam saja, warna cushion akan berubah menjadi satu tingkat lebih gelap.

Untuk mengatasi permasalahan ini, sebaiknya memilih cushion Skintific dengan shade satu tingkat lebih cerah. Jadi bila kulit kalian berwarna kuning langsat, maka shade 03 Petal akan menjadi pilihan paling tepat.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Gudfest
Logo